Syarat & Ketentuan
A. DEFINISI
- PT. Metallon Karya Presisi adalah suatu perusahaan yang didirikan menurut Hukum Negara Republik Indonesia yang merupakan produsen sekaligus penjual/pemasar seluruh produk eBox. Dalam hal ini PT. Metallon Karya Presisi bertindak sekaligus sebagai pemilik atas seluruh produk Ebox yang diperdagangkan melalui Situs Ebox.
- Situs Ebox adalah situs daring https://www.e-box.id
- Syarat dan Ketentuan adalah seluruh aturan dan ketentuan yang disepakati antara Pengguna dan Ebox yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab serta tata cara penggunaan layanan pada Situs Ebox termasuk Kebijakan Privasi yang dapat diakses melalui https://www.e-box.id/kebijakan-privasi
- Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Situs Ebox, termasuk namun tidak terbatas pada Pembeli atau pun pihak lain yang melakukan kunjungan kepada Situs Ebox .
- Pembeli adalah Pengguna yang melakukan kunjungan kepada Situs eBox dan melakukan pembelian atas Produk yang dijual di Situs Ebox dengan mengisi formulir pemesanan pada website atau melakukan pembelian produk eBox melalui official marketplace eBox..
- Produk adalah seluruh benda berwujud merek Ebox yang dapat dipesan oleh Pembeli dan memenuhi persyaratan pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Produk.
- Live Chat dan Kontak Kami merupakan layanan yang disediakan oleh Ebox bagi Pembeli termasuk namun tidak terbatas untuk menyampaikan atau memperoleh informasi rinci mengenai jenis dan spesifikasi Produk, ketersediaan stok dan informasi lainnya terkait dengan penggunaan Situs Ebox.
- Ulasan adalah teks dan/atau komentar yang diunggah oleh Pengguna dan/atau Pembeli dalam halaman Ulasan pada Situs Ebox.
- Konten adalah seluruh teks, gambar, nama Produk, slogan, logo, merk dagang, animasi, video, lagu, musik dan/atau picto yang diunggah pada Situs Ebox dan dapat diakses oleh Pengguna dan/atau Pembeli.
B. KETENTUAN UMUM
- Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk tunduk pada ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan. Pengguna juga memahami bahwa Syarat dan Ketentuan ini dapat berubah ubah sewaktu-waktu dan Syarat dan Ketentuan yang berlaku adalah yang tertera dalam Situs Ebox. Dengan menggunakan Situs Ebox, Pengguna setuju bahwa Pengguna telah membaca dan memahami Syarat dan Ketentuan yang tercantum dan terbaru. Ebox dapat melakukan perubahan Syarat dan Ketentuan dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna.
- Seluruh aturan dan ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini tunduk pada ketentuan Hukum dan Undang-Undang Negara Republik Indonesia.
- Situs Ebox merupakan layanan berbasis online yang digunakan untuk tujuan penjualan barang secara daring (e-commerce) dan dioperasikan sepenuhnya oleh admin Ebox. Segala aktivitas yang dilakukan dalam situs ini tunduk pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
- Segala transaksi yang dilakukan melalui Situs Ebox adalah jenis transaksi antara perusahaan dengan konsumen akhir dan tidak ditujukkan dengan cara dan dalam bentuk apapun untuk tujuan transaksi antar perusahaan.
C. TRANSAKSI DAN PROSEDUR PEMBELIAN
- Transaksi Pembelian adalah semua transaksi yang dilakukan oleh Pembeli pada Situs Ebox sesuai dengan prosedur pembelian, tanpa memperhatikan alat, tipe dan tempat koneksi yang digunakan oleh Pembeli.
- Pembeli di bawah umur secara hukum (di bawah umur 18 tahun) transaksi pembelian melalui orang tua ataupun wakilnya yang memenuhi ketentuan butir 3. Ebox tidak bertanggung jawab atas setiap klaim yang diajukan atas pelanggaran penggunaan Situs Ebox oleh anak di bawah umur.
- Prosedur pembelian atau penempatan pesanan pada Situs Ebox adalah dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Silahkan menelusuri Situs eBox untuk mencari barang yang akan dibeli;
b. Klik logo Account / Login pada bagian atas web untuk Register, isi informasi diri lalu tekan Tombol Register dan anda akan diarahkan pada halaman Account yang baru anda buat;
c. Isi informasi diri pada bagian Addresses di halaman Account;
d. Pilih varian eBox yang akan dibeli pada halaman produk, klik Add To Chart;
e. Klik Chart atau logo Keranjang pada bagian atas web, Anda juga dapat melakukan perubahan (menghapus) produk yang tidak diinginkan atau mengubah jumlah (quantity) order;
f. Klik Proceed to Checkout kemudian informasi diri dibagian Billing Detail akan otomatis menggunakan data pada Addresses yang telah diisi sebelumnya, anda bisa merubah alamat anda jika alamat pengiriman berbeda. Apabila ingin memberikan instruksi khusus perihal pengiriman, anda juga dapat memberikan catatan pada kolom Additional Information;
g. Setelah informasi lengkap, Klik Place Order kemudian anda langsung dihubungkan ke petugas admin pembelian kami untuk menyampaikan konfirmasi pesanan. Bersamaan dengan itu, anda juga akan mendapatkan email detail pesanan dan Langkah-langkah cara pembayaran;
h. Segera lakukan transfer pembayaran kepada nomor rekening resmi perusahaan an. PT. Metallon Karya Presisi yang diinformasikan melalui email;
i. Setelah Anda melakukan pembayaran silahkan untuk melakukan konfirmasi pembayaran dengan mengklik link Konfirmasi Pembayaran pada web, atau dengan menghubungi layanan Live Chat atau Kontak Kami;
j. Kami akan segera proses pengiriman pesanan Anda dan mengirimkan nomor resi pengiriman produk melalui email; - Saat transaksi pembelian, Pembeli memahami dan menyetujui bahwa:
a. Ebox hanya akan memproses Pemesanan Produk oleh Pembeli untuk pengiriman di wilayah Negara Republik Indonesia. Pemesanan yang dilakukan oleh Pembeli diluar wilayah Negara Indonesia akan dibatalkan oleh admin eBox;
b. Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Produk (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada tipe/varian produk, ukuran, dan lainnya) sebelum melakukan transaksi pembelian;
c. Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di Situs Ebox tergantung pada monitor komputer/tablet Pembeli. Ebox telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna yang ditampilkan akan akurat seperti barang aslinya;
d. Pembayaran oleh Pembeli atas total nominal yang tertera pada halaman pembayaran wajib dilakukan selambat-lambatnya 1×24 jam setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh Pembeli, Ebox memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud dan untuk permintaan yang sama Pembeli harus melakukan pemesanan ulang dari tahap awal. Pembeli tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut;
e. Ebox menerima pembayaran yang dilakukan oleh Pembeli baik yang dilakukan melalui transfer bank melalui nomor dan nama rekening resmi perusahaan yang disampaikan melalui email. Segala transaksi pembayaran yang dilakukan oleh Pembeli selain kepada rekening tersebut merupakan tanggung jawab pribadi Pembeli. - Saat transaksi Pembelian, Ebox berkewajiban untuk :
a. Memberikan gambar atau foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai kualitas Produk yang dijualnya;
b. Memberikan balasan untuk menerima atau menolak sebagian atau seluruh pesanan Produk atau pihak Pembeli dalam batas waktu 2 x 24 jam terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Produk dari Konsumen;;
c. Menyampaikan nomor resi pengiriman Produk kepada Konsumen dalam batas waktu 1 x 24 jam terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Produk, kecuali untuk produk eBox yang dijual dengan sistem Purchase Order (PO);
d. Pembayaran kembali atas harga Produk (diluar biaya transfer/administrasi dan jasa pengiriman) akan dikembalikan sepenuhnya ke Pembeli apabila transaksi dibatalkan dan/atau transaksi tidak berhasil, melalui transfer bank ke rekening Pembeli;
e. Ebox tidak mengalihkan hak milik intelektual secara hukum atas Produk-Produk dari Ebox kepada Pembeli;
f. Risiko atas Produk yang dibeli akan menjadi tanggung jawab Pembeli sepenuhnya saat Produk diterima oleh Pembeli selama tidak ada kerusakan atau kecacatan yang diakibatkan oleh proses produksi Ebox. - Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Produk yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening Resmi eBox adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
- Pengembalian uang atau penukaran Produk dari Ebox kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
a. Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Produk;
b. Masalah pengiriman Produk telah teridentifikasi secara jelas dari Ebox yang mengakibatkan pesanan Produk tidak sampai;
c. Ebox tidak bisa menyanggupi pesanan karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya dimana pembayaran atas Produk telah dilakukan oleh Pembeli;
d. Keputusan sepihak dari Ebox untuk pengembalian dana kepada Pembeli dengan berdasarkan alasan dan bukti-bukti jelas. - Apabila terjadi proses pengembalian uang, maka pengembalian akan dilakukan melalui bank transfer ke rekening pribadi Pembeli yang diinformasikan terlebih dahulu kepada Ebox.
- Ebox berwenang untuk mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Ebox dan Pembeli, dengan landasan bukti-bukti yang ada. Keputusan Ebox adalah keputusan mutlak dan tidak dapat diganggu gugat dan mengikat Ebox dan Pembeli.
- Pembeli wajib melakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang tertera pada jumlah tagihan pada halaman pembayaran yang informasinya disampaikan/ dikirimkan juga kepada email Pembeli.
- Ebox memiliki kewenangan melakukan perubahan status pemesanan menjadi “terkirim” apabila tidak ada pembaharuan status pengiriman dari kurir setelah 25 hari sejak resi diinput oleh Ebox dan tidak ada konfirmasi lebih lanjut dari pihak Pembeli perihal Produk pesanan. Kemudian dalam jangka waktu 5 hari sejak perubahan status tersebut diatas, Ebox memberikan kesempatan kepada pihak Pembeli untuk melakukan (i) konfirmasi penerimaan Produk atau (ii) Komplain. Jika dalam jangka waktu 5 hari tersebut tidak ada konfirmasi penerimaan Produk atau komplain apapun dari Pembeli, maka Ebox memiliki kewenangan untuk menyelesaikan transaksi dan dianggap telah melakukan kewajibannya mengirimkan Produk dan menginformasikan nomor resi pengiriman. Penyesuaian status pemesanan ini hanya akan dilakukan apabila alamat tujuan pengiriman yang tertera pada invoice pemesanan dan resi kurir telah sesuai.
D. HARGA DAN TARIF JASA PENGIRIMAN
- Harga Produk yang terdapat dalam Situs Ebox ditetapkan oleh eBox dan dicantumkan dalam mata uang Rupiah Indonesia. Seluruh transaksi yang dilakukan pada Situs eBox hanya dilakukan dalam mata uang Rupiah.
- Harga yang tertera untuk setiap setiap Produk adalah Harga pokok Produk diluar biaya jasa pengiriman, biaya administrasi antar rekening dan biaya-biaya lain yang tercantum pada halaman pembayaran.
- Pembeli memahami bahwa perubahan Harga atas Produk dapat berubah-ubah sewaktu-waktu oleh pihak eBox dan Harga yang tertera pada Situs eBox adalah Harga resmi yang berlaku untuk Produk.
- Pembeli memahami dan mengerti bahwa tarif jasa pengiriman yang tercantum pada halaman pembayaran telah ditetapkan seakurat mungkin sesuai dengan lokasi pengiriman. Perubahan atas tarif jasa pengiriman dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tarif yang berlaku akan ditayangkan pada halaman Pengiriman.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa tarif jasa pengiriman dalam hal terjadi penukaran barang kepada Ebox akan dibebankan sepenuhnya kepada Pembeli. Kami tidak bertanggung jawab atas kegagalan yang terjadi dalam pengiriman kembali Produk kepada Kami.
- Setelah Barang dan pesanan Pembeli diserahkan kepada pihak kurir/jasa pengiriman, Ebox tidak bertanggung jawab atas keterlambatan atau kegagalan pengiriman Barang.
E. ULASAN, KONTEN, LIVE CHAT DAN KONTAK KAMI
- Untuk tujuan pengembangan Produk dan Jasa pada Situs Ebox, Pembeli dapat memberikan komentar dengan mengunggah Ulasan. Dalam pelaksanaannya, Pembeli dilarang untuk:
a. Mengunggah Ulasan yang akan menimbulkan klaim-klaim pelanggaran privasi atau publisitas dan/atau pelanggaran atas hak-hak dan/atau kepentingan-kepentingan kepada pihak ketiga;
b. Mengunggah Ulasan yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, beriklan atau melakukan promosi ke situs selain Situs Ebox, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial.
c. Mengunggah Ulasan yang mengungkap, secara langsung atau tidak langsung, pendapat politik, filosofis atau keagamaan, keanggotaan serikat pekerja/buruh, kondisi kesehatan atau orientasi seksual tiap Pembeli, termasuk ia sendiri;
d. Berperan sebagai suatu pihak ketiga dan/atau mempublikasikan tiap Ulasan pribadi kepada suatu pihak ketiga; - Untuk tujuan kemudahan transaksi Pembelian secara online, Ebox menyediakan Konten secara lengkap dan interaktif pada Situs Ebox. Dalam penggunaannya, Pembeli dilarang untuk:
a. Mempergunakan foto/gambar Produk dan seluruh Konten tanpa terkecuali sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke situs-situs lain diluar Situs Ebox, atau memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada pembeli/calon pembeli;
b. Menyimpan, mendistribusikan atau mempublikasikan tiap unsur Konten yang dapat melanggar, secara langsung atau tidak langsung, kepentingan- kepentingan Ebox. - Untuk tujuan komunikasi, diskusi dan interaksi antara Pengguna dan/atau Pembeli dengan Ebox, Ebox menyediakan layanan Live Chat dan Kontak Kami yang dapat dilakukan sebelum atau setelah melakukan transaksi pembelian. Seluruh informasi baik dalam bentuk teks, gambar atau video yang diberikan oleh Pembeli merupakan bentuk komunikasi tertutup dan tidak akan dipublikasikan pada Situs Ebox tanpa persetujuan dari Pengguna dan/atau Pembeli.
F. PELANGGARAN ATAS KONTEN
Seluruh Konten yang dipublikasikan pada Situs Ebox adalah tunduk pada hak-hak kekayaan yang dilindungi berdasarkan undang-undang kekayaan intelektual, termasuk didalamnya hak cipta, hak desain industri, merek dagang, nama domain, hak paten, dan sebagainya, sepenuhnya merupakan hak milik dari Ebox. Pengguna menyetujui bahwa Ebox dapat dan berhak untuk melakukan segala tindakan hukum yang diperlukan atas penyalahgunaan hak kekayaan intelektual atas Konten yang diunduh dari Situs Ebox.
G. BATASAN TANGGUNG JAWAB
- Situs Ebox merupakan portal situs dengan model bisnis kepada pengguna yang menyediakan layanan penjualan Produk dari produsen kepada konsumen akhir. Dengan demikian seluruh transaksi yang dilakukan melalui Situs Ebox berakhir saat Pembeli menerima Produk yang dipesannya dan Pengguna dan/atau Pembeli memahami batasan tanggung jawab Ebox sebagai penjual atas Produk dalam Situs Ebox.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa pemanfaatan atas seluruh layanan Situs Ebox adalah atas risiko Pengguna sendiri dan layanan yang diberikan oleh Ebox adalah “sebagaimana tersedia” pada halaman Situs Ebox.
- Dengan berdasar pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku, Ebox (direksi, staff/karyawan, dan atau yang terafiliasi) tidak bertanggung jawab dan Pengguna setuju untuk tidak mengajukan tuntutan dan/atau ganti rugi atas segala kelalaian, kerusakan dan kerugian baik materiil maupun immateriil (termasuk namun tidak terbatas pada pemborosan, pencemaran nama baik, kehilangan uang, data atau kerugian lainnya) baik secara langsung maupun tidak langsung atas:
a. Akses atas link-link pihak ketiga dan tautan-tautan lain termasuk namun tidak terbatas pada pengunduhan konten-konten dan informasi di dalamnya;
b. Penangguhan akses ke Situs Ebox untuk alasan-alasan pemeliharaan teknis, termasuk namun tidak terbatas pada interface upgrading dan bug fix;
c. Akses terhadap informasi yang tersedia pada Situs Ebox yang tidak diunggah oleh Ebox;
d. Tiap malfungsi jaringan yang disebabkan oleh kegagalan perangkat Pengguna yang dapat mencegah fungsi yang benar dari Situs Ebox termasuk namun tidak terbatas pada kegagalan pemesanan, dan/atau kegagalan prosedur pembelian; - Ebox tidak bertanggung jawab kepada Pembeli atas tiap kerusakan, kerugian, kegagalan, keterlambatan dan penundaan atas transaksi pembelian dan yang sehubungan dengannya oleh karena kegagalan untuk melaksanakan kewajiban-kewajiban sebagai penjual yang diakibatkan oleh Keadaan Kahar (Force Majeure) termasuk namun tidak terbatas pada:
a. Bencana Alam,
b. Perang dan huru hara,
c. Kebakaran,
d. Pemogokan,
e. Perselisihan tenaga kerja,
f. Pemberontakan dan tindakan militer lainnya,
g. Keputusan dan perubahan keputusan dari instansi terkait yang berdampak pada transaksi jual beli online
H. PILIHAN PENYELESAIAN SENGKETA
- Setiap sengketa dan perselisihan di kemudian hari antara Pengguna dan/atau Pembeli dengan Ebox yang timbul dari atau dalam kaitan dengan Syarat dan Ketentuan ini diselesaikan melalui musyawarah untuk mufakat di antara para pihak yang bersengketa.
- Dalam hal tidak tercapainya mufakat melalui musyawarah dalam jangka waktu 60 (enam puluh) hari setelah tanggal pemberitahuan adanya perselisihan dari salah satu pihak, para pihak yang bersengketa sepakat untuk menyelesaikan perkara tersebut melalui yurisdiksi non-eksklusif dari Pengadilan Negeri Kelas I A (Khusus) Bandung.
I. LAYANAN PENGADUAN
Jika anda memiliki keluhan atau pertanyaan terkait Ketentuan dan Syarat ini silahkan menghubungi kami melalui email : ebox@metallon.co.id atau menghubungi WhatsApp (WA) Layanan Konsumen eBox : 0813 2000 1357